skip to main |
skip to sidebar
Senin, Mei 28, 2012
Zidane354
Awal
munculnya robot dapat diketahui dari bangsa Yunani kuno yang membuat
patung yang dapat dipindah – pindahkan. Sekitar 270 BC, Ctesibus,
seorang insinyur Yunani membuat organ dan jam air dengan komponen yang
dapat dipindahkan. Zaman Nabi Muhammad SAW pun, telah membuat mesin
perang yang menggunakan roda dan dapat melontarkan bom.
Pada tahun 1770, Pierre Jacquet Droz, seorang pembuat jam berkebangsaan
swiss membuat 3 boneka mekanis. Uniknya, boneka tersebut dapat
melakukan fungsi spesifik, yaitu dapat menulis, yang lainnya dapat
memainkan musik dan orgen, dan yang ketiga dapat menggambar.
Pada tahun 1898, Nikola Tesla membuat sebuah boat yang dikontrol melalui
radio remote control, dan didemokan di Madison Square Garden. Namun
usaha untuk membuat autonomus boat tersebut gagal karena masalah dana.
Pada tahun 1967, Jepang yang pada saat itu merupakan negara yang baru
bangkit, mengimpor robot dari Versatran dari AMF. Awal kejayaan robot
pada tahun 1970, ketika Profesor Victor Scheinman dari Universitas
Stanford mendesain lengan standar. Saat ini, konfigurasi kinematikanya
dikenal sebagai standar lengan robot. Terakhir, pada tahun 2000 Honda
memamerkan robot yang dibangun bertahun – tahun lamanya bernama Asimo,
serta disusul oleh Sony yaitu robot anjing Aibo.
DI JEPANG
Karakuri ningyo, merupakan istilah Jepang yang berarti boneka mekanik
atau automata, ditemukan pada abad ke-18 dan 19 Masehi. karakuri berarti
"peralatan mekanik untuk permainan, hiburan, atau memberikan kejutan",
sehingga dapat dikatakan bahwa dalam karakuri terkandung hal-hal magis
atau elemen misteri, sedangkan ningyo berarti "orang dan bentuk"
(tertulis dalam dua huruf kanji). dengan demikian dapat dikatakan
sebagai boneka atau patung.
Karakuri dapat dibagi menjadi tiga tipe utama yakni:
1. Butai karakuri (stage karakuri), digunakan untuk keperluan dunia teater
2. Zashiki karakuri (tatami room karakuri), merupakan tipe karalkuri
berukuran kecil dan digunakan sebagai elemen dekorasi ruangan
3. Dashi karakuri (festival car karakuri), digunakan dalam acara atau
festival keagamaan, dengan menampilkannya mitos-mitos tradisional atau
legenda-legenda Bangsa Jepang.
Ketiga jenis karakuri tersebut dinilai telah memberikan pengaruh besar
bagi perkembangan dunia teater Jepang seperti Noh, Kabuki, Bunraku.
berawal dari diciptakannya boneka mekamik karakuri Yumi-hiki doji
(pemanah muda) karya Tanaka Hisashige (1799-1881), yang dibuat pertama
kali pada akhir zaman Edo (awal tahun 1800-an), dengan menggunakan
bantuan benang dan mekanisme mirip kerja timer atau pewaktu, dibantu
dengan pegas sehingga dapat menembakan empat anak panah pada sasaran
dengan sangat ekspresif layaknya pemanah manusia dalam kyudo (olahraga
panahan). beberapa gerakan mekanik karakuri pada masa itu berasal dari
mekanisme sederhana, seperti pegas, tali, roda gigi, hingga pemangfaatan
beban merkuri (air raksa), air, maupun pasir.
Dewasa ini, karakuri pun berkembang menjadi:
1. Matsuri karakuri, digunakan untuk keperluan festival
2. Kogyo karakuri, digunakan untuk keperluan hiburan seperti pertunjukan boneka
3. Zashiki karakuri, digunakan untuk keperluan dekorasi (elemen dekoratif) dalam ruangan.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perkembangan robotika Jepang
saat ini bagaikan pepatah "Manifestasi impian atau harapan dari suatu
bangsa yang ada saat ini merupakan cerminan impian atau harapan dari
para pendahulunya".
Tambahan Dari Wiki
Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik
menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program
yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot
biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang
berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam
bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan
limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan,
pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian
tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang
hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan
pemotong rumput.
Ketika para pencipta robot pertama kali mencoba meniru manusia dan
hewan, mereka menemukan bahwa hal tersebut sangatlah sulit; membutuhkan
tenaga penghitungan yang jauh lebih banyak dari yang tersedia pada masa
itu. Jadi, penekanan perkembangan diubah ke bidang riset lainnya.
Robot sederhana beroda digunakan untuk melakukan eksperimen dalam
tingkah laku, navigasi, dan perencanaan jalur. Teknik navigasi tersebut
telah berkembang menjadi sistem kontrol robot otonom yang tersedia
secara komersial; contoh paling mutakhir dari sistem kontrol navigasi
otonom yang tersedia sekarang ini termasuk sistem navigasi
berdasarkan-laser dan VSLAM (Visual Simultaneous Localization and
Mapping) dari ActivMedia Robotics dan Evolution Robotics.
Ketika para teknisi siap untuk mencoba robot berjalan kembali, mereka
mulai dengan heksapoda dan platform berkaki banyak lainnya. Robot-robot
tersebut meniru serangga dan arthropoda dalam bentuk dan fungsi. Tren
menuju jenis badan tersebut menawarkan fleksibilitas yang besar dan
terbukti dapat beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan, tetapi
biaya dari penambahan kerumitan mekanikal telah mencegah pengadopsian
oleh para konsumer. Dengan lebih dari empat kaki, robot-robot ini stabil
secara statis yang membuat mereka bekerja lebih mudah. Tujuan dari
riset robot berkaki dua adalah mencapai gerakan berjalan menggunakan
gerakan pasif-dinamik yang meniru gerakan manusia. Namun hal ini masih
dalam beberapa tahun mendatang.
Masalah teknis lain yang menghalangi penerapan robot secara meluas
adalah kompleksitas penanganan obyek fisik dalam lingkungan alam yang
tetap kacau. Sensor taktil dan algoritma penglihatan yang lebih baik
mungkin dapat menyelesaikan masalah ini. Robot Online UJI dari
University Jaume I di Spanyol adalah contoh yang bagus dari perkembangan
yang berlaku dalam bidang ini.
Belakangan ini, perkembangan hebat telah dibuat dalam robot medis,
dengan dua perusahaan khusus, Computer Motion dan Intuitive Surgical,
yang menerima pengesahan pengaturan di Amerika Utara, Eropa dan Asia
atas robot-robotnya untuk digunakan dalam prosedur pembedahan minimal.
Otomasi laboratorium juga merupakan area yang berkembang. Di sini, robot
benchtopdigunakan untuk memindahkan sampel biologis atau kimiawi antar
perangkat seperti inkubator, berupa pemegang dan pembaca cairan.
Tempat lain dimana robot disukai untuk menggantikan pekerjaan manusia
adalah dalam eksplorasi laut dalam dan eksplorasi antariksa. Untuk
tugas-tugas ini, bentuk tubuh artropoda umumnya disukai. Mark W. Tilden
dahulunya spesialis Laboratorium Nasional Los Alamos membuat robot
murah dengan kaki bengkok tetapi tidak menyambung, sementara orang lain
mencoba membuat kaki kepiting yang dapat bergerak dan tersambung
penuh.
Sumber : Fashingnet.com
0 comments:
Posting Komentar