19 Mei 2012

6 Trik Menata Rumah Mungil yang Nyaman

Rumah mungil bisa tampil cantik seperti halnya rumah-rumah dengan gaya lainnya. Lewat penataan interior di dalamnya, rumah mungil bisa menjadi tempat yang nyaman.
Namun, sebelum melakukan penataan, ada baiknya Anda menyimak beberapa catatan penting interior rumah mungil yang disampaikan desain interior Anies Alkurratu Aini Walsh.

http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2011/06/13/1905557620X310.jpg
Apapun yang ada di rumah harus terasa nyaman bagi tubuh manusia. Misalnya, penggunaan lampu yang cahayanya tidak mengakibatkan mata menjadi silau.
Anies memaparkan, setidaknya ada enam aspek yang harus diperhatikan ketika seseorang hendak menata interior rumah sendiri, yaitu:

1. Aspek Ergonomis
Dalam menata interior rumah, apapun yang diciptakan itu harus terasa nyaman bagi tubuh manusia. Misalnya, penggunaan lampu yang cahayanya tidak mengakibatkan mata menjadi silau. Atau, memilih sofa sebagai tempat duduk dengan porsi dudukan yang benar.

2. Aspek Kesehatan
Furnitur yang dipilih sebagai interior rumah harus memperhatikan aspek kesehatan, karena hal itu berpengaruh pada tubuh dan kesehatan penghuni di dalamnya. Anda harus memperhatikan materialnya, yaitu harus aman dari kandungan zat beracun. Pilih furnitur yang tidak menghasilkan debu dan rentan menyimpan bau tak sedap.

3. Aspek Keamanan
Selain sehat, keamanan juga wajib diperhatikan, apalagi bila Anda memiliki anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Sebutlah misalnya, menghindari penggunaan furnitur dengan ujung atau sudut-sudut yang tajam, memeriksa dan memberi pengamanan untuk terminal listrik atau kabel.

4. Aspek Kenyamanan
Kenyamanan juga patut diperhitungkan dalam menata interior rumah mungil Anda. Jangan tergoda untuk membeli furnitur dengan harga miring namun memberi efek tak nyaman bagi tubuh. Kenyamanan juga berarti nyaman bagi penghuni untuk bebas bergerak sehingga pemilihan furnitur yang tepat dapat mewujudkan aspek ini, seperti furnitur yang menempel pada dinding (build in).

5. Aspek Ramah Lingkungan
Sebelum mewujudkan aspek ini di lingkungan luar rumah, sebaiknya diwujudkan terlebih dahulu di dalam rumah. Misalnya, Anda membuat rumah mungil yang mendapatkan cukup cahaya, memperoleh sirkulasi udara segar, meletakkan tanaman dalam ruang, tidak lembab dan tidak pengap.

6. Aspek Keindahan
Lima aspek yang telah disebutkan di atas juga patut ditambah dengan aspek keindahan. Aspek ini diperlukan agar selain nyaman, rumah juga indah dipandang, sehingga penghuninya nyaman berlama-lama di rumah. Hal ini bisa dilakukan dengan mengolah dinding rumah, tak hanya dengan penggunaan cat saja, tapi bisa juga dipadu padankan dengan wallpaper atau ambalan.
 
Sumber : Fashingnet.com

4 comments:

Armstrong Indonesia mengatakan...

Apapun yang ada di rumah memang harus terasa nyaman bagi tubuh manusia.

security services mengatakan...

memilih material yang aman bagi penghuni juga penting...

motivator Indonesia mengatakan...

karena indah jadi nyaman, atau karena nyaman jadi indah

industrial maintenance mengatakan...

Rumah juga harus ramah lingkungan

Posting Komentar