9 Agustus 2012

Pertolongan Pertama Atasi Depresi Ringan


JIKA Anda mengalami rasa lelah yang berkesinambungan, mengalami gangguan tidur, pikiran selalu merasa khawatir dan cemas, menjadi lebih sensitif, bisa jadi Anda mulai mengalami depresi. Sebelum semakin berat, atasi depresi tersebut dengan beberapa cara.

Depresi merupakan gangguan psikiatri serius yang paling sering dijumpai. Depresi menjadi lebih sering dengan bertambahnya usia.

Berikut tip dari Dr Mirriam Stoppard yang ditulis dalam bukunya "Panduan Kesehatan Keluarga".

Relaksasi
Teknik relaksasi dapat mengurangi stres. Lakukanlah pemijatan, yoga, aromaterapi, dan meditasi berguna untuk mengurangi kecemasan yang menyertai depresi.

Aromaterapi
Gunakan manfaat minyak esensial wewangian favorit Anda untuk merelaksasi pikiran dan otak agar suasanan hati pun turut meningkat. Aromaterapi pun dapat meredakan kelelahan mental dan mendorong tidur agar lebih nyenyak.

Teteskan dua sampai tiga tetes ke dalam mangkuk berisi air hangat dan hiruplah uapnya atau hirup empat sampai enam tetes dari sehelai tisu.

Olahraga
Olahraga dapat menghilangkan semua jenis stres, mental dan meningkatkan aliran darah ke otak. Berlari selama 30 menit tiga kali sepekan akan sama efektifnya dengan psikoterapi dalam menangani depresi. Jadi, olahraga rutin baik manfaatnya untuk suasana hati. Anda dapat memilih olahraga ringan seperti berjalan kaki atau berenang.

Atur pola makan
Hindari junk food, kafein, alkohol, dan makanan yang tinggi kadar gula. Sebaliknya, tingkatkan asupan sereal gandum, sayuran, buah, daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan ikan.

Konsumsi pula makanan-makanan yang mengandung asam amino triptofan yang bisa didapatkan pada ayam, kalkum, kacang polong, kacang tanah, dan selai kacang. Asam amino triptofan berkemampuan meredakan depresi.

Hubungan Seks
Hubungan seks yang baik dan memuaskan dan memuaskan membuat semua aspek kehidupan tampak lebih cerah. Jadi jika libido Anda tidak tertekan, tetaplah aktif secara seksual.

Tetap aktif
Setiap jenis aktivitas membantu mengurangi kesedihan dan memberi keberhasilan yang nikmat. Menyelesaikan tugas dapat meningkatkan harga diri sehingga dapat menjadi penawar depresi.

Pekerjaan
Jika tumpukan stres Anda bukan didominasi oleh pekerjaan, alihkan pikiran Anda yang membuat stres dengan bekerja di bidang yang Anda senangi.Pekerjaan bisa mengalihkan perhatian Anda.

Sumber : http://www.galaxymaya.com/2012/03/pertolongan-pertama-atasi-depresi.html

0 comments:

Posting Komentar