14 Agustus 2012

Ingin Langsing? Atur Waktu Tidur

http://envy.rumahkerja.info/images/BodyS.jpg SEMAKIN sedikit tidur, Anda menjadi lebih gemuk. Ya, kelelahan akan membuat tubuh menagih energi lebih dari makanan.
 
Hal ini dibuktikan dari penelitian yang melibatkan sejumlah relawan yang kurang tidur, mereka mengonsumsi makanan ekstra sebanyak 500 kalori per hari.
 
Seolah menjadi lelah karena kurang tidur bukan hukuman cukup, sekarang para ilmuwan mengatakan bahwa tidak mendapatkan istirahat malam yang baik bisa menyebabkan obesitas.
 
Para peneliti dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, menemukan bahwa relawan yang diteliti kekurangan waktu tidur dan memakan lebih banyak kalori.
 
Para peneliti mempelajari 17 pria dan wanita sehat selama delapan malam. Setengah dari peserta tidur normal dan setengah tidur hanya dua pertiga waktu normal mereka.
 
Peserta makan sebanyak yang mereka inginkan selama penelitian.
 
"Kami menguji apakah kurang tidur mengubah kadar hormon leptin dan ghrelin (yang berhubungan dengan nafsu makan), meningkatkan jumlah makanan yang dikonsumsi dan dipengaruhi oleh pembakaran energi melalui aktivitas," kata Virend Somers, penulis studi dan profesor kedokteran penyakit jantung di Mayo Clinic, sebagaimana dilansir Times of India, Selasa (20/3/2012).
 
Kelompok kekurangan tidur, yang tidur satu jam dan 20 menit lebih sedikit daripada kelompok lain terkontrol setiap hari mengonsumsi rata-rata 549 kalori tambahan setiap hari.
 
Sementara itu, jumlah energi yang digunakan untuk kegiatan tidak secara signifikan mengubah antara kelompok, sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur tidak membakar kalori tambahan.
 
"Kurang tidur merupakan masalah yang berkembang, dengan 28 persen orang dewasa sekarang melaporkan bahwa mereka mendapatkan enam atau lebih sedikit jam tidur per malam," kata Andrew D. Calvin, co-peneliti, kardiologi sesama dan asisten profesor kedokteran di Mayo Clinic .
 
Para peneliti menekankan, bahwa studi ini menunjukkan kurang tidur dapat menjadi bagian penting dan salah satu penyebab kenaikan berat badan dan obesitas. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kurang tidur akan memicu kenaikan berat badan.
 
Pastikan Anda memiliki waktu tidur cukup yang berkualitas agar berat badan tetap terkontrol dan terhindar dari obesitas yang merupakan sumber penyakit mematikan seperti jantung dan hipertensi.

0 comments:

Posting Komentar