22 September 2012

Makanan Yang Bisa Membuat Sakit Kepala



Sakit kepala bisa membuat semua aktifitas yang sedang kita lakukan menjadi tidak nyaman dan bahkan berantakan. Biasanya disebabkan karena lelah, stress, atau bahkan karena jenis makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini adalah jenis makanan yang bisa bikin sakit kepala seperti dikutip dari Healtmeup, hingga bisa Anda hindari.

Minuman beralkohol
Alkohol berpengaruh pada pembuluh darah hingga membuat sirkulasi darah berkurang. Ini yang menyebabkan sakit kepala. Jangan konsumsi alkohol dengan campuran bahan lain yang akan membuat efeknya makin parah. Jika salah takaran atau berlebih, maka seseorang bisa menderita sakit kepala bahkan selama berhari-hari.

Keju tua
Kandungan protein dan susu pada keju tua amat tinggi. Mengkonsumsi keju tua berlebih dapat membuat tubuh memproduksi tiramin dalam jumlah besar. Ini memicu penyempitan pembuluh darah dan membuat sakit kepala.

Zat pewarna
Beberapa jenis zat pewarna, apalagi yang bukan zat pewarna makanan, dapat memicu sakit kepala.

Kopi
Minum kopi saat perut sedang kosong, terkadang dapat memicu sakit kepala. Apalagi jenis kopi yang kandungan kafeinnya tinggi.

Coklat
Minuman coklat, dibalik berbagai manfaatnya, ternyata bisa juga jadi pemicu sakit kepala. Kandungan phenylethylamine dan theobromine dalam coklat bisa memperlebar pembuluh darah dalam waktu singkat. Ini yang membuat seseorang merasa pusing jika minum coklat.

MSG
Monosodium glutamate ini biasanya digunakan sebagai penyedap rasa dalam berbagai makanan cepat saji, atau junk food.

Sumber

0 comments:

Posting Komentar