6 September 2012

10 Cara Sederhana Meningkatkan Energi Tiap Hari

 

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk merencanakan setiap hal dalam satu hari yang akan dilalui. Mungkin Anda menemukan diri Anda kelelehan di siang hari dan berpikir untuk secangkir kopi hangat untuk menambah asupan energi Anda. Namun tunggu dulu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membangkitkan energi Anda dan memastikan pekerjaan Anda berjalan dengan baik. 
Cek beberapa tips berikut ini :
  1. Banyak Minum
    Anda mungkin mendengarnya puluhan kali, namun pastikan juga Anda telah melakukannya. Memiliki asupan air yang cukup dalam tubuh akan menjaga daya konsentrasi Anda dan menghindarkan dari dehidrasi yang berdampak penurunan energi. Jika Anda tidak terlalu suka dengan air mineral, Anda dapat mengantinya dengan air isotonic atau menambahkan rasa bahkan vitamin.
  2. Tidak Perlu Kafein Terlalu Banyak
    Mungkin kopi, teh, soda berkafein atau minuman energi mampu memberikan asupan energi yang cukup besar bagi Anda, namun yang harus Anda ketahui, energi yang diberikan hanya berupa energi jangka pendek semata. Percayalah, untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda hingga selesai tepat waktu, Anda membutuhkan lebih dari sekedar energi ekstra yang tidak bertahan lama. Perhatikan efek samping yang akan Anda terima seperti sakit kepala yang akan memberikan dampak lebih buruk kepada kesehatan Anda. Bagi Anda yang telah terlalu sering mengkonsumsinya, cobalah untuk mengurangi sedikit demi sedikit, jangan jadikan kafein sebagai bahan bakar cadangan Anda.
  3. Perhatikan Interval Makan
    Lapar adalah salah satu musuh terbesar fokus Anda saat bekerja, saat merasa lapar otak Anda memberikan sinyal bahwa Anda kekurangan energi. Dan sebaliknya saat Anda mengisi perut Anda dengan asupan makanan yang berlebihan, Anda akan merasa sulit untuk berkonsentrasi. Pastikan asupan Anda tepat dan proporsional, tidak perlu terlalu banyak, cukup dalam skala kecil secara berkala. Makanlah setiap tiga jam sekali dalam porsi yang kecil sehingga asupan energi Anda tidak turun secara drastis dan juga tidak berlebihan. 
  4. Hindari Kue Manis
    Donat biasanya menjadi pengganjal perut yang pas saat Anda merasa iseng atau membutuhkan energi lebih sedangkan waktu jam makan masih lama, begitu juga kue-kue manis. Tidak ada yang salah dengan itu semua, namun yang harus Anda ketahui, kue manis yang dikonsumsi terlalu sering dan banyak akan membuat energi Anda meningkat terlalu cepat.
    Jika Anda suka mengkonsumsi yang manis-manis, cobalah untuk mengganti setiap donat dan kue manis menjadi buah-buahan. Coklat dapat menjadi pertimbangan yang baik terutama dark chocolate yang memiliki minimal 70% kadar kakao.
  5. Tidur Siang yang Bermanfaat
    Mungkin untuk yang satu ini tidak semua orang dapat melakukannya, apabila Anda bekerja di rumah atau memiliki atasan yang pengertian, Anda dapat mencoba tidur siang selama 20 menit untuk menggantikan energi Anda. Alarm menjadi alat yang sangat bermanfaat karena menghindarkan Anda dari tidur yang terlalu lama.
  6. Tidak Perlu Hemat dalam Tidur Malam
    Untuk tidur malam yang baik, porsikanlah tujuh sampai delapan jam untuk beraktifitas esok hari. Jangan memotong waktu tidur Anda karena akan berdampak negatif terhadap kinerja Anda, bahkan saat Anda tidur siang, hal tersebut belum tentu membayar tidur Anda di malam hari. Jika Anda memiliki cukup istirahat, Anda akan memiliki cukup energi untuk menangani berbagai aktivitas dan tugas Anda akan selesai lebihcepat.
  7. Beristirahat Sejenak
    Sangat sulit untuk dapat fokus selama ber-jam-jam dalam satu waktu, Anda perlu istirahat sejenak untuk mengembalikan semangat dan energy Anda. Cobalah untuk keluar ruangan, mencari udara segar dan menemukan inspirasi lebih untuk pekerjaan Anda.
  8. Hindari Penundaan
    Membuat istirahat yang terencana berbeda dengan menunda-nunda. Anda harus memiliki tujuan yang spesifik kapan pekerjaan Anda akan dimulai dan kapan akan selesai. Walaupun terkadang penundaan dapat terlihat seperti kerja, namun Anda harus menyadari saat-saat Anda harus melakukan suatu tugas, contohnya saat Anda bekerja pada email sehingga Anda menunda panggilan telepon. Saat Anda menunda dan pekerjaan semakin menungpun, Anda akan lebih mudah kehilangan energi. Pastikan semua dapat Anda atur dalam jangkauan kinerja dan energi Anda.
  9. Bergeraklah
    Berlatih dalam intensitas sedang akan membantu Anda dalam penyimpanan energi yang lebih stabil. Dengan bergerak tubuh akan memompa darah lebih banyak ke berbagai organ tubuh dan membuat Anda tidur lebih nyenyak yang berdampak positif terhadap tubuh Anda dalam mengolah energi.
  10. Hindari Kerja Keras Berlebihan
    Melakukan olahraga favorit Anda memang sesuatu yang menyenangkan, namun tindakan olahraga yang berlebihan akan berdampak buruk bagi kondisi tubuh Anda yang menyebabkan turunnya fleksibilitas dalam bekerja. Tidak ada gunanya menghabiskan dua jam berolahraga secara berlebihan. Hal tersbut hanya akan membuat Anda kelelahan dan membuat Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan ringan untuk menggantikan energi yang merosot. Anda dapat mencoba 30-45 menit latihan selama 5 kali seminggu untuk menjaga produktifitas Anda tatap terjaga.

0 comments:

Posting Komentar